Kenali Jenis Tipe data di Bahasa C, Double atau Float ?

          Selamat malam coder C. Sudah membaca artikel sebelumnya tentang menjalankan program C ? Jika sudah kita lanjut ke Bab 2, yaitu salah satunya mengenali tipe data di bahasa C. Memangnya kegunaan tipe data tersebut untuk apa ?

Mengapa harus mengenali Jenis Tipe Data dalam C ?

          Data, merupakan suatu nilai yang bisa dinyatakan dalam bentuk konstanta atau variabel. Semua itu sama dengan yang kita pelajari di Aljabar smp. Konstanta menyatakan nilai tetap, sedangkan variabel nilainya dapat berubah-ubah.
          Dalam Aljabar SMP, terdapat contoh tipe Real, dan Bilagan Bulat. Tipe Real adalah semua jenis bilangan, sedangkan Bilagan bulat adalah bilangan yang bukan pecahan ( integer ). Kita harus mengenali perbedaan antara Tipe - tipe data tersebut, karena tipe satu dengan tipe yang lainnya bisa bertabrakan jika kita salah menggabungkannya. Misalnya Bilangan 1.5 termasuk bilangan Real, sedangkan kita mendeklarasikan konstanta integer pada bilangan 1.5, maka program akan menemukan bug atau error pada hal itu.

Tipe - tipe Data Dasar dalam Bahasa C

          Jenis tipe data dalam C dibagi menjadi 5 kelompok, yaitu :

1. Bilangan Bulat ( integer )

          Bilangan bulat atau integer adalah bilangan yang tidak memiliki pecahan. Contohnya 7 dan 3. Bilangan bulat mengisi bit sebesar 32 dan memiliki range -214748368 sampai dengan 214748368. Tipe data integer ini biasa disebut dengan signed int.
          Adapun tipe data integer untuk memori yaitu :

- tipe data integer untuk memori

2. Karakter ( char )

          Karakter atau char adalah tipe data berupa karakter, misalnya 'A' dan 'b'. Pada dasarnya setiap huruf atau karakter merupakan angka biner. Contohnya A = 0100 0001. Jadi setiap huruf digital merupakan susunan dari angka biner 0 dan 1. Tipe char mengisi memori sebesar 8 bit dengan range -128 sampai dengan 127.

3. Pecahan presisi tunggal ( Float )

          Pecahan presisi tunggal atau float adalah tipe data yang merupakan pecahan. Tipe ini mengisi 32 bit dengan range 1.7 E-38 sampai dengan 3.4 E+32.

4. Pecahan presisi ganda ( Double )

          Pecahan presisi ganda adalah tipe data float yang mengisi memori sebesar 64 bit dengan range 2.2 E-308 sampai dengan 1.7 E+308. Double memiliki kemungkinan range yang sangat besar dibanding dengan tipe data yang lain.

5. Tipe void atau Tak bertipe.

          Void lebih mengarah kepada array dari karakter. tidak memiliki Tipe karena dalam C tidak mengenal kalimat ( string ). Lebih lanjutnya diartikel selanjutnya.

Kesimpulan singkat !

Dari tipe diatas kita simpulkan saja dengan singkat bahwa :
  • Tipe Data berguna untuk menyelaraskan kesinambungan antar data yang dieksekusi. 
  • Tipe bilangan bulat bernama integer, atau disingkat dengan int.
  • Tipe bilangan pecahan bernama float atau double.
  • Karakter huruf dan simbol sebenarnya adalah kumpulan dari angka - angka biner. 
  • Tipe data yang terakhir adalah void yaitu tak bertipe. 
Tabel singkat : 

- Tabel singkat tipe data dalam Bahasa C -

Setelah mengetahui tentang tipe data C, artikel selanjutnya kita akan membahas tentang variabel dan konstanta. Tunggu ya..

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Kenali Jenis Tipe data di Bahasa C, Double atau Float ?"

  1. Anak Ti ya gan ? bahasa C itu case sensitif ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, umumnya desktop programming bahasanya case sensitive, seperti C, C++, Pascal. sedangkan web, tidak :D

      Delete
  2. Nambah ilmu nih gan, thanks infonya.

    ReplyDelete