Cara Menjalankan Kode bahasa C kita, Running Program !

Selamat malam para coder, udah nungguin artikel kali ini ya ? setelah kemarin belajar tentang sejarah singkat dan kode simple dari bahasa C, kali ini kita akan belajar bagaimana Menjalankan kode bahasa C kita. Masak buat kode ngga dijalanin ?
Bagi yang belum tahu bagaimana menulis kode Bahasa C, bisa lihat dibawah..

Bagaimana Menjalankan Code Program C ?

          Kemarin kita belajar menulis kode program C, lalu bagaimana menjalankannya ? Menjalankan kode berarti merubah tulisan byte kita menjadi kode biner 0101 gitu, biar bisa dibaca dan dijalankan oleh komputer. Ada dua cara merubah kode C kita ke biner, yaitu dengan..

1. Interpreter [ Interpreter


           Mungkin ini jarang didengar, Interpreter atau penerjemah adalah perangkat lunak yang berfungsi menerjemahkan sejumlah intruksi baris per baris secara langsung dan menjalankannya. Misalkan kita menulis sejumlah intruksi, maka interpreter akan merubahnya ke dalam biner dan mengeksekusinya langsung.    
           Kelebihan dari Interpreter adalah penyusunan program relatif cepat karena langsung diuji, sekalipun masih ada kesalahan secara kaidah dalam program. Namun kelemahannya adalah kecepatanya lambat sebab sebelum intruksi dieksekusi harus diterjemahkan terlebih dahulu, serta memori yang digunakan oleh program maupun interpreter [ Program dijalankan bersama Interpreter ]. D isamping itu, kode asli atau source code tidak dapat dirahasiakan. Kelemahan itu membuat interpreter kurang marak digunakan.

2. Compiler [ Kompilator ]

          Compiler atau Kompilator adalah perangkat lunak yang berguna untuk menerjemahkan seluruh intruksi dalam program sekaligus. Proses pengkompilasian ini dilakukan sekali saja. Selanjutnya hasil penerjemahan bisa dijalankan secara langsung, tanpa bersamaan dengan kompilernya.
          Kelebihan dari compiler adalah proses pengeksekusian atau menjalankan programnya berjalan cepat, karena program bisa berdiri sendiri tanpa compiler [ Program dijalankan setelah Compiler berhenti ]. Dan juga source code dapat dirahasiakan karena programnya sudah dalam kode mesin.
          Sedangkan kelemahan dari compiler adalah waktu penerjemahan relatif lebih lama, sebab perlu mengkompilasi dan linking. Program akan berhasil dikompilasi jika program tak mengandung kesalahan syntax atau bugs !.
Daur kerja kompiler terlihat seperti gambar dibawah ini :

          Karena kelebihannya, kompiler lebih marak dibanding interpreter. Compiler untuk bahasa C banyak jenisnya, contohnya Dev C++ dan GCC. Dev C++ dilihat dari namanya terlihat bahasa C++, namun sebenarnya digunakan untuk membuat program C atau C++. Untuk pemula bisa menggunakan Dev C++. 
[ Dev C++ ]    : Membuat program agak lebih besar.
[ GCC ]         : Membuat program kecil-kecilan ..
Saya sarankan untuk menggunakan GCC, karena kita hanya menulis program kecil-kecilan. Pilih compiler anda dan install. Setelah selesai, kita sudah siap menjalankan program kita.

Menjalankan Program C pertama kita yuk..

          Kita akan masuk ke command line dan siapkan notepad. Silahkan copy paste atau tulis code berikut ke notepad dan simpan di folder "C\Mingw\bin" dengan nama hello.c
#include <stdio.h>
void main(){
       printf("Hello World !");
}
kita kompile seperti ini : 
Jika ada kesalahan, silahkan coba-coba dan teliti kembali kode anda, mungkin ada kesalahan atau ketinggalan simbolnya.
Setelah itu jalankan, maka akan muncul hasilnya :


Cukup simple bukan ? jika ada yang kurang difahami, silahkan berkomentar dibawah, insya allah dengan cepat saya respon. Siap ngoding ya.. Tunggu artikel selanjutnya tentang kelanjutan penulisan kodenya ya :D.
Jangan lupa share.. 

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Cara Menjalankan Kode bahasa C kita, Running Program !"

  1. Wae mantap nih gan , thks banget gan :)

    ReplyDelete
  2. wah mantap nih gan , ijin bookmark ya buat belajar :)

    ReplyDelete
  3. Coding C ya gan, izin save halamannya

    ReplyDelete
  4. This language is not understanding type in English(Uk)

    ReplyDelete
  5. Now, you can translate it :D

    ReplyDelete